Google+ Facebook Twitter Friendfeed
Gratis berlangganan artikel nandakrenz.net via mail, join sekarang!



'

Wednesday, August 18, 2010

Cara Mempercepat Upload

Do you want to share?

Do you like this story?

Kali ini berita terkini akan di bagiin buat pembaca blog ini, yaitu bagaimana cara mempercepat upload. Informasi yang di bagikan antara lain cara upload, pengertian, aplikasi dan situs upload.

Pengertian Upload

Apa itu Upload? Upload, atau yang disebut unggah dalam teknologi informasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses pemindahan data elektronik antara dua komputer atau sistem serupa lainnya.

Cara Upload

Upload biasanya dilakukan untuk memindahkan file / content (atau bisa juga disebut meng-copy) antara komputer ke internet, misalnya untuk menambahkan gambar di blog, facebook, friendster, atau menambahkan file di email (dalam bentuk attachment) atau untuk memasukkan file ke dalam hosting. Uploading bisa dilakukan dengan menggunakan software / aplikasi upload, atau dengan memanfaatkan situs yang khusus digunakan untuk menyimpen file anda di internet.

Situs Upload

situs upload (media sharing) umumnya dibagi menjadibebrapa jenis beserta contohnya, yaitu:

1. Gambar upload (picture sharing): imageshack.us ; tinypic.com ; imagesharing.com ; flickr.com.

2. File upload (file sharing): 4shared ; mediafire ; ziddu ; rapidshare ; indowebster.

3. Video upload (video sharing): youtube ; metacafe ; google video.
Umumnya situs upload tersebut tidak membutuhkan pendaftaran account, namun ada beberapa yang memang membutuhkan pembuatan accountbaru dengan mendaftar email kamu dan menjadi member (biasanya gratis). Kelebihannya, situs uploading tersebut dapat langsung di buka melalui browser anda.

Aplikasi Upload

Umumnya bagi web developer atau yang telah memiliki website, aplikasi upload memang merupakan tool wajib yang perlu dimiliki untuk mempercepat upload. Aplikasi upload yang biasa dipakai adalah yang bekerja dalam protokol FTP (File Transfer Protocol), dimana proses upload beebeda dengan proses upload yang dilakuakan melalui situs upload. Kwlwbihan fungsi upload dengan menggunakan aplikasi khusus ini adalah file yang di transfer dapat di resume (dilanjutkan kembali) apabila file yang di transfer terputus di tengah jalan seperti yang sering terjadi apabila anda melakukan upload melalui situs upload (terutama bila anda lagi upload file besar). Contoh aplikasi upload ini adalah Cute-FTP dan FileZilla.

Mempercepat Upload

Kecepatan upload sebenarnya tergantung dari beberapa hal, yaitu: bandwidth koneksi intrnet anda, kondisi jalur koneksi internet (sinyal, noise dalam kabel) dan bergantung pada ramai atau tidaknya situs upload.

Untuk mengetahui kondisi kecepatan internet anda dan mengetahui waktu yang kamu butuhkan untuk mengupload ukuran tertentu, anda bisa gunakan speedtest.net:

Arahkan browser anda ke http://www.speedtest.net



Klik pada server untuk ngetest kecepatan bandwidth internet anda:



Tunggu hingga test selesai.



Klik pada view upload speed untuk mengetahui kecepatan upload maksimum yang dapat kamu lakukan dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses upload.

Cara Mempercepat Upload

Walaupun tergantung dari beberapa kondisi, ada juga tips mempercepat upload yang bisa anda gunakan:

1. Manfaatkan aplikasi / software upload yang disediakan (bila ada) untuk mengupload pada situs upload tertentu (beberapa situs upload yang menyediakan software tersebut seperti easy-share, ziddu, atau 4shared)

2. Gunakan jalur FTP unutk mengupload file, karena disamping lebih stabil, protocol ini lebih di rekomendasikan karena fitur resumenya untuk melanjutkan transfer file yang terputus.

3. Tutup semua aplikasi dan browser yang menggunakan koneksi internet untuk mengurangi beban proses transfer upload sehingga proses upload berjalan lebih cepat tanpa intervensi dari aplikas lainnya yang memakan bandwidth internet anda.

4. Cari server situs yang lebih dekat dengan latency yang rendah. Ini dapat anda cek dengan menggunakan aplikasi pinglotter atau dengan menggunakan perintah pada command prompt windows. Semakin kecil angkanya maka semakin baik koneksi internet anda.



..:: Semoga Bermanfaat ::..

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments: